Cara Atasi MicroSd Error Tidak Bisa Diformat

Setiap ponsel android maupun smartphone lainnya tentu disisipi memori eksternal. Pastinya pengguna android tidak menyia-nyiakan slot memori yang disediakan pada sebuah ponsel. MicroSd atau SdCard berguna sebagai media penyimpanan, selain memori internal. Namun sayangnya MicroSd dapat mengalami gagal format, sehingga menjadi masalah tersendiri bagai pengguna.

Atasi MicroSd error


Gagal format pada sebuah kartu memori dapat disebabkan oleh virus, rusak oleh magnet, dikotori oleh minyak, sering sembarangan ketika melepas dari ponsel, ataupun kerusakan pada hardware karena terlalu panas sehingga leleh.

Ketika kamu ingin membuka file yang tersimpan dalam MicroSd kemudian kamu ingin melakukan format tapi gagal, di situlah kadang kamu merasa sedih. Hehe, basi ya.

Jika kamu mem-format SdCard menggunakan komputer dan kemudian muncul notifikasi ”Windows Was Unable to Complete The Format”, tandanya kartu memori bermasalah.

Format MicroSd yang error kadang menyisakan file-file di dalamnya. Jadi, setelah format dilakukan, masih ada saja file yang tersisa. Pastinya masalah ini membuat pengguna android bingung dibuatnya.

Cara Atasi MicroSd Error Tidak Bisa Diformat


Apa yang anda lakukan ketika Sd Card mengalami error dan tidak bisa diformat ulang? Mungkin anda akan mematahkannya kemudian membuang ke tempat sampah? Eits, jangan terburu-buru, mungkin kartu memori tersebut masih bisa diperbaiki asalkan kerusakan bukan pada hardware. Nah, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara mengatasi Micro Sd yang bermasalah membutuhkan card reader dan komputer atau laptop. Kemudian ikuti panduan berikut ini:

1. Aplikasi SD Formatter

Cara cepat untuk mengatasi MicroSd yang error dengan menggunakan aplikasi Sd Formatter. Kamu dapat mengunduhnya di https://www.sdcard.org/downloads/formatter_4/index.html
Jika komputermu menggunakan windows atau vista, pastikan kamu tidak salah unduh.

Setelah microsd sudah berada dalam Card Reader, hubungkan dengan slot USB di laptop atau komputer.

Setelah unduhan selesai, instal aplikasi tersebut. Buka setting kemudian klik format MicroSd.

2. Cara format MicroSd dengan komputer

Tanpa aplikasi atau software apapun, kamu dapat memperbaiki error pada kartu memori. Siapkan card reader, masukkan Sd Card ke dalamnya kemudian colokkan ke slot USB di laptop. Akan terdeteksi sebagai drive baru semisal namanya F atau G. Nama drive sesuai dengan nama kartu memori kamu.

Selanjutnya klik kanan pada drive F atau G tadi, lalu klik format. Saat muncul opsi FAT, FAT32, dan NTFS, pilih saja FAT.

Cara kedua, klik kanan pada drive dimana kartu memori terdeteksi. Pilih properties kemudian klik tools – Check Now. Ketika muncul 2 opsi, centang keduanya kemudian klik Start. Tunggu proses perbaikan selesai, eject kartu memori dari komputer. Cobalah untuk membacanya dari smartphone, apakah sudah berfungsi dengan normal?

3. Format microSd menggunakan Comand Line

Jika SdCard masih error setelah diformat, cobalah menggunakan cara terakhir yaitu Comand Line. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi Sd Card yang error dan sulit diformat.

Tekan icon Win+R untuk membuka menu run, ketik cmd kemudian enter.
Tulis secara manual, FORMAT H:/FS:FAT pada papan hitam di comand line (H: Drive yang error dan akan diformat).

Tunggu saja proses formatting berlangsung selama beberapa menit.
Proses format telah selesai, memori eksternal menjadi kosong dan bebas dari virus.

Mungkin beberapa cara di atas dapat mengatasi Micro Sd yang tidak bisa diformat ulang. Jika semua cara telah dilakukan dan kartu memori masih error, mungkin masalahnya pada hardware. Mungkin MicroSd yang kamu gunakan berkualitas rendah atau memang sudah layak untuk diganti dengan SdCard baru. Tahukah kamu: 9 Cara Cas Android Supaya Cepat Penuh