Cara Mengatasi HP atau Smartphone Bootloop

Apa itu Bootloop?

Ketika HP/Ponsel tidak bisa masuk ke sistem dan berhenti berproses, dan atau Ponsel anda mengalami proses rebooting (Ponsel mati kemudian menyala lagi dengan sendirinya) dan terjadi secara berulang terus-menerus, atau ponsel kita mengalami proses restart sendiri dan biasanya dibarengi dengan adanya logo merek HP Android yang selalu muncul pada layar smartphone.

Hal ini sering terjadi pada smartphone Android. Ada beberapa yang menjadi sebab kenapa HP bootloop. Adanya gangguan file sistem sehingga membuat ponsel tidak bisa lagi stabil dengan sistem operasinya, ada kerusakan file pada aplikasi, adanya virus dan malware pada HP, masalah installasi yang tidak sempurna, pemakaian ROM yang tidak tepat, dan bisa juga disebabkan karena modifikasi sistem pada HP yang berlebihan.

Lalu bagaimana cara mengatasi HP Bootloop? atau apa saja yang harus dihindari supaya terhindar dari bootloop. Karena jika sudah terkena bootloop, akan berpotensi kehilangan data, aplikasi yang terpasang pada ponsel, dan juga bisa membuat ponsel anda jadi rusak secara permanen.

Agar terhindar dari masalah tersebut, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya:

  • Hindari Kesalahan dalam melakukan Flashing

Jangan sekali-sekali melakukan flashing HP jika anda tidak berpengalaman, meskipun metode flashing HP tidak begitu sulit untuk dilakukaan. Tapi jika anda ngotot dan salah dalam mengerjakannya maka akan berakibat fatal pada ponsel.

  • Berhati-hatilah dalam Memodifikasi Sistem HP

Memodifikasi sistem HP yang salah juga akan menjadi penyebab smartphone anda mengalami bootloop. Melakukan sistem modifikasi itu berarti anda harus melakukan root pada smartphone anda, dan apabila anda melakukan proses root smartphone anda gagal maka otomatis sistem pada smartphone anda akan terganggu dan kinerjanya tidak akan baik.

  • Hindarilah kesalahan dalam Pengaturan Permission

Sistem operasi android mempunyai pengaruh besar pada fitur permission, karena pada smartphone Android didalmnya banyak informasi bersifat privat contohnya kontak, map, ataupun foto.

Maka jika ada kesalahan dalam melakukan pengaturan permission aplikasi, sudah pasti akan berakibat pada smartphone anda mengalami rebooting dengan sendirinya. Ketika akan melakukan setting permission, maka harus dipastikan yang memiliki smartphone juga paham tentang apa yang harus dilakukan pada pengaturan permission aplikasi.

  • Overclock

Overclock yaitu metode yang digunakan dalam mempercepat cara kinerja PC ataupun laptop. Seiring dengan perkembangan teknologi smartphone sekarang yang semakin canggih, maka fitur ini bisa diakses melalui smartphone dengan mudah.

Akan tetapi jika ada kesalahan dan gagal dalam melakukan overclock ini, akan menyebabkan smartphone merestart sendiri atau bootloop.

  • Jangan Sering melepas baterai HP

Salah satu sebab ponsel mati hidup sendiri bisa juga karena kebiasaan anda sering melepas baterai ponsel. Selalu sembarangan bongkar pasang baterai apalagi mengganti baterainya dengan yang bukan original, akan mengakibatkan smartphone mengalami restart dengan sendirinya atau bootloop.

Melakukan langkah-langkah yang mudah seperti di atas adalah termasuk tips merawat HP /smartphone supaya tidak mengalami bootloop dan termasuk cara mengatasi bootloop.