Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Berubah Ungu

Dengan trend yang saat ini bahwa hp atau smartphone menggunakan full layar sentuh, maka banyak potensi masalah yang akan muncul untuk seputar touchscreen atau layar sentuh misalnya muncul blank screen di hp android, atau bahkan hingga layar sentuh sebagian tidak bisa bergerak. Saat ini ada juga yang mengalami layar sentuh hp berwarna ungu. Dengan beberapa masukan dari teman-teman pembaca, kali ini kita akan mengulas masalah layar hp berubah menjadi ungu. Hal ini juga berlaku untuk semua hp android baik Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, maupun merk lain yang memiliki potensi kemungkinan mengalami hal sama karena memang menggunakan layar sentuh

Cara mengatasi layar hp ungu tentunya kita harus tahu dulu apa penyebab yang menjadikan masalah ini muncul. Selain untuk mengetahui langkah yang tepat untuk penanganannya, juga berguna agar kasus ini tidak terulang kembali. Selain masalah akibat terlalu overheat penggunaan smartphone sehingga membuat layar panas, ada juga masalah-masalah lain yang mungkin sepele seperti misalnya socket fleksiblenya kotor atau kendor saja, Untuk lebih jelasnya kita ulas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan layar hp ungu kembali normal.

Cara Cepat Mengatasi Layar HP Berubah Warna Ungu

cara mengatasi layar hp ungu

Salah satu kasus dari layar hp ungu yang tidak kita harapkan adalah jika IC MTK rusak alias hardware sehingga harus melakukan penggantian dan harganya lumayan. Sebelum kita berfikir ke arah itu ada baiknya kita cek bagian-bagian lainnya. Ada beberapa yang bisa kita lakukan antara lain:

1. Cek Socket LCD
HP yang berubah warna ungu, ada kemungkinan socket yang terjepit atau tidak pas pada dudukannya. Kita berharap sih masalahnya ini saja sehingga bisa selesai tanpa harus mengganti hardware. Caranya buka casing hp menggunakan obeng kecil sesuai dengan lokasi mur-mur hingga terlepas semua. Kemudian setelah terlihat layarnya, angkat dan lepas kabel fleksibelnya.

Nah yang kuning gepeng itu adalah kabel fleksibel, copot dengan cara tekan bagian penjepitnya agar terlepas. Setelah terlepas, periksa apakah ada kabel yang terlipat, atau kotor. jika secara fisik masih bagus, bersihkan saja dengan contact cleaner. Jika tidak punya contact cleaner bisa menggunakan minyak kayu putih. Setelah itu pasang kembali dengan hati-hati, kemudian pasang semua seperti semula dan coba nyalakan apakah layar warna ungu masih muncul atau sudah hilang.

2. Malware System
Kemungkinan kedua, adanya virus atau malware pada hp android anda yang menyebabkan terjadinya perubahan warna pada LCD. Satu-satunya cara untuk mengetahui masalah ini dan mengatasinya, lakukan reset factory. Jika dilakukan reset factory kemudian layar kembali normal berarti ada sebelumnya sistem software yang terdeteksi virus.

Untuk melakukan reset factory anda bisa mencari caranya sesuai dengan merk ponsel anda. Biasanya terdapat pada pengaturan>>Reset/Backup>>Factory Reset atau ‘Kembali ke Pengaturan Awal’

3. Layar Sentuh Bermasalah
Jika beberapa cara sebelumnya masih belum bisa menyelesaikan masalah, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware yaitu LCD yang memang sudah perlu diganti. Biasanya memang dari komponen di dalam layar sentuh sendiri sudah mengalami kerusakan akibat beberapa faktor seperti terbentur benda keras, terjatuh, atau terlalu panas berlebih pada kondisi yang cukup lama seperti bermain game yang terhubung secara online. Lakukan penggantian sesuai dengan merk ponsel dan spesifikasi layar yang sesuai. Harga LCD bergantung pada merk ponsel, tipe ponsel, dan juga lebar ukuran layar. Untuk lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi dengan teknisi handphone terdekat atau menghubungi Service Center smartphone sesuai dengan merk ponsel anda.

4. IC MTK Rusak
Ini yang paling parah, ketika sudah mengganti LCD baru namun tetap muncul warna ungu atau kuning, berarti bukan LCD maupun jalur display melainkan kerusakan terjadi pada IC MTK. IC MTK bertugas menggerakkan kinerja system sehingga kemungkinan besar kerusakan terjadi pada bagian tersebut. Untuk penggantian IC MTK ada baiknya dilakukan oleh yang lebih ahli seperti teknisi smartphone maupun layanan service center terdekat.

Dengan melakukan empat cara diatas namun dengan urutan yang sesuai, kemungkinan besar masalah ini akan selesai. Namun harapannya, kasus yang dihadapi teman-teman tidak sampai mengganti IC MTK karena hal ini yang bisa dibilang kasus paling parah.

Oke, itu dulu yang bisa kita bagi kali ini mengenai layar android berubah ungu. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika ada pertanyaan atau ada masalah yang ingin diulas seputar hp android. Atau mungkin ada cara lain yang lebih mudah bisa berbagi di kolom komentar agar bisa kami tambahkan sebagai referensi dan bisa berguna bagi pembaca lain setelah anda. Jangan lupa juga untuk selalu membaca panduan penggunaan smartphone ketika anda membelinya agar bisa memperlakukan smartphone sesuai dengan ketentuan agar bisa memperpanjang keawetan dari smartphone anda.  Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mampir. Salam.